Setting modem Motorola RAZR V3m di Debian 5.0 (Lenny)

Setelah bersusah payah, mulai flashing firmware dari Verizon USA ke Vivo Brazil, agar bisa inject 2 nomor (Flexi & Smart) akhirnya Motorola RAZR V3m bisa buat ngenet murmer via Smart. Linux-nya pake Debian Lenny (bukan Lenny yang itu loh…. 😀 )

Langkah-langkahnya :
1. Rubah USB Setting di hape ke Modem/COM, biar hape kedetect sebagai modem.
2. Hubungkan hape ke pc dengan kabel usb bawaannya atau compatible.
3. Pada mode root, ketik #lsusb. Hape akan kedetect Motorola PCS E815 GSM Phone (AT), padahal ni hape CDMA. Cuekin aja deh…

0lsusb

4. Kemudian konfigurasi otomatis dengan #wvdialconf. USB modem kedetect di /dev/ttyACM0 dan konfigurasi berada di /etc/wvdial.conf

1wvdialconf5. Cek devices dengan #cat /proc/bus/usb/devices, kedetect Product=Motorola V3m. Berarti hape ini dibaca dengan baik oleh Lenny.

2devices6. Selanjutnya edit konfigurasi wvdial.conf dengan #vi /etc/wvdial.conf, ganti pada bagian Phone = #777, Username = smart, dan Password = smart, kemudian simpan.

3wvdialconf7. Coba dial dengan #vwdial, kalau berhasil connect akan tampak seperti gambar dibawah. Buka browser, coba gunakan untuk browsing.

4wvdial8. Untuk mengehentikan koneksi tekan Ctrl-C.

5Ctrl-C9. Selesai 🙂

Semua settingnya bisa diambil disini.

Catatan :
Hape ini memiliki tehnologi EVDO Rev.0, tapi karena BTS Smart di area Surabaya belum support EVDO, kecepatan akses belum optimal alias mbambet. 🙂

3 Responses to Setting modem Motorola RAZR V3m di Debian 5.0 (Lenny)

  • Permisi mas, mau nanya neh.Pengalamannya setelah flashing V3m untuk dapat daftar ke Flexi gimana yah mas? saya barusan juga memflashing V3m ke vivo brazil tapi tidak tau setelah itu harus apa.
    makasih banyak sebelumnya mas…

    Salam

  • Permisi mas, mau nanya neh.Pengalamannya setelah flashing V3m untuk dapat daftar ke Flexi gimana yah mas? saya barusan juga memflashing V3m ke vivo brazil tapi tidak tau setelah itu harus apa.makasih banyak sebelumnya mas…
    +1

  • Bawa RUIM Flexi & ESN hape (lihat di body dibalik batre, atau di menu More->Help->Phone Status->Other Information->ESN) ke Plaza Telkom, bilang ke CS mau migrasi ke inject. Rata2 CS disana pada O’on :D, jadi minta print out yg berisi MIN dan AKey, bilang mau inject sendiri. Setelah itu nanti saya kasih tau caranya. Btw, di area mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × four =

Calendar

March  2019
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
  1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31